Ini tiga jurus pemerintah dorong dunia usaha

Rabu, 16 Oktober 2013 - 14:15 WIB
Ini tiga jurus pemerintah...
Ini tiga jurus pemerintah dorong dunia usaha
A A A
Sindonews.com - Wakil Presiden (Wapres), Boediono menyebut ada tiga hal yang akan dilakukan pemerintah untuk mendukung dunia usaha dalam masa ketidakpastian situasi ekonomi global saat ini.

Pertama adalah menurunkan biaya logistik dengan pembangunan sarana infrastruktur untuk mewujudkan daya saing dengan negara lain.

Boediono memaparkan, pemerintah telah dan akan membangun beberapa infrastruktur pendukung diantaranya pembangunan pelabuhan New Tanjung Priok oleh Pelindo II yang dua tahun lagi hasilnya akan terasa. Termasuk, pembangunan jalur double track kereta api di Pantura.

Selain itu, pemerintah juga telah menyelesaikan pembangunan Airport baru di Kualanamu Medan dan Ngurah Rai Bali, dan juga rencana perluasan Bandara di Soekarno Hatta Jakarta, Sepinggan Balikpapan, Juanda Surabaya, dan Ahmad Yani Semarang.

"Kemudan listrik kita garap (PLTU) dilakukan di Batang 2x1000 megawatt. Masalah lapangan akan kita selesaikan," ujarnya di JIExpo, Jakarta, Rabu (16/10/2013).

Usaha kedua adalah komitmen pemerintah dalam menyederhanakan regulasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang masih belum selesai, "Kami harapkan agar pelaku bisnis juga melakukan langkah," ujarnya.

Langkah ketiga, kata Boediono akan mendorong dunia usaha khususnya eksportir untuk mencari pasar-pasar non-tradisional.

"Kita akan lakukan promosi-promosi produk Indonesia, dan juga negosiasi, serta penandatanganan beberapa kesepahaman, tentunya dengan memperhatikan kepentingan nasional," pungkas Wapres.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8209 seconds (0.1#10.140)