Entrepreneur bukan selalu karena keturunan

Jum'at, 18 Oktober 2013 - 17:45 WIB
Entrepreneur bukan selalu karena keturunan
Entrepreneur bukan selalu karena keturunan
A A A
Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan mengatakan, menjadi seorang entrepreneur bukan selalu karena keturunan.

Menurutnya, siapapun bisa lebih maju meski tidak sama dengan bisnis orang tuanya. Hal ini dikatakan Dahlan dalam Seminar Nasional bertajuk "Peran BUMN Dalam Meningkatkan Kewirausahawan Masyarakat" di Graha Wiyata yang digelar di Fakultas Ekonomi Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), Jumat (18/10/2013).

Dia mencontohkan, warga Tiong Hoa banyak yang percaya menjadi pebisnis karena bapaknya pengusaha. "Fakta yang saya temukan itu tidak benar. Sehingga tolong dihapus kesan itu," kata Dahlan.

Selain itu, Dahlan juga meminta untuk menghapus paradigma untuk menjadi pengusaha besar harus melalui modal yang besar pula.

"Bagi yang punya pandangan pebisnis sukses hanya karena modal besar salah besar. Dan cuma alasan orang malas bekerja saja. Terbukti, banyak yang sukses dengan modal yang pas-pasan," jelasnya.

Dahlan juga mengatakan, dalam hal bisnis tidak terbatas bidangnya. Dengan demikian, setiap orang bisa melakukan usahanya dalam bentuk apapun.

"Bidang bisnis bisa bermacam-macam. Bidang bisnis mencapai ribuan. Memulai bisnis tidak perlu khawatir karena tidak ada yang tahu, sepuluh tahun lagi jadi apa. Bisa semakin sukses atau bahkan beralih ke usaha lainnya," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7875 seconds (0.1#10.140)