Tingkatkan penetrasi perbankan, BRI galakkan inovasi

Rabu, 23 Oktober 2013 - 17:35 WIB
Tingkatkan penetrasi perbankan, BRI galakkan inovasi
Tingkatkan penetrasi perbankan, BRI galakkan inovasi
A A A
Sindonews.com - Menjawab semakin besarnya kebutuhan masyarakat akan fasilitas perbankan ditengah berbagai kendala geografi dan infrastruktur, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) terus berupaya melakukan inovasi penyediaan layanan perbankan di berbagai daerah di tanah air.

"Jadi kita ingin menyiapkan satu sarana perbankan yang dapat menjangkau daerah-daerah terpencil yang jangkauannya itu sulit. Selain itu juga skala ekonominya masih kecil tapi masyarakat di sana butuh bank," ujar Direktur Utama BBRI, Sofyan Basir di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Rabu (23/10/2013).

Sofyan menyebutkan, salah satu inovasi yang akan dilakukan adalah dengan membangun kapal (perahu) yang akan berfungsi sebagai kantor cabang lengkap dengan jaringan online dan layanan perbankan lengkap layaknya kantor cabang yang ada di darat.

"Jadi, daerah terpencil pulau terluar, misal kepulauan Aru, misalkan terdiri dari 60 pulau. Tapi antar pulau jaraknya 3 jam sampai 6 jam kapal. Tapi mereka ingin berbank, jadi kita akan buatkan kapal sebagai cabang, kita keliling ke pulau terpencil," tegas dia.

Untuk tahap pertama, lanjut Sofyan, pihaknya akan menyediakan 2 kapal terlebih dahulu yang akan mulai beroperasi tahun depan. Bila dua kapal ini sudah beroperasi, maka selanjutnya akan menyusul kapal lainnya yang totalnya akan mencapai 6 unit.

"Kami lagi desain kapal itu. Harus ada 6 orang yang beroperasi bergantian. Kapal canggih ini, kapasitasnya bisa 12 orang. Panjang 16 meter, lebarnya 6-7 meter. Kapal dengan doble engine. Tahap pertama 2 kapal. Investasi sedang kita hitung," papar dia.

Selain kantor cabang kapal, BBRI juga tengah mengkaji rencana untuk menambah jumlah ATM Drive Thrue seiring program pemerintah yang meluncurkan mobil murah ramah lingkungan (Low Cost Green Car/LCGC).

"Mungkin ke arah sana, tapi hal itu secara bertahap. Saat ini yang kita punya sekitar 50 sampai 60 unit (ATM Drive Thrue) di seluruh Indonesia," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7295 seconds (0.1#10.140)