Ekonomi Malaysia 2014 diperkirakan tumbuh 5,5%

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 00:20 WIB
Ekonomi Malaysia 2014 diperkirakan tumbuh 5,5%
Ekonomi Malaysia 2014 diperkirakan tumbuh 5,5%
A A A
Sindonews.com - Perekonomian Malaysia diperkirakan akan berkembang pada kecepatan yang kuat antara 5-5,5 persen tahun depan. Hal ini didukung langkah-langkah anggaran pemerintah 2014, fundamental yang kuat dan perkiraan outlook eksternal yang lebih baik.

"Kebutuhan dalam negeri diperkirakan akan tetap kuat dan terus menjadi pendorong pertumbuhan," ujar laporan pemerintah Malaysia, seperti dilansir dari The Star, Jumat (25/10/2013).

Pemerintah mengharapkan investasi swasta melanjutkan catatan pertumbuhan dua digit, didukung percepatan pelaksanaan Proyek Transformasi Ekonomi (ETP) berkelanjutan.

"Mengingat prospek eksternal yang membaik dan langkah-langkah yang digariskan dalam Anggaran tahun 2014 untuk meningkatkan ekspor, investasi di bidang manufaktur berorientasi ekspor dan industri jasa, serta industri berbasis agro diperkirakan meningkat," ujarnya.

Investasi publik sebagian besar akan ditopang pengeluaran Modal Usaha Non-Keuangan Publik (NFPEs) dalam minyak dan gas, utilitas, transportasi dan sektor telekomunikasi.

Konsumsi swasta akan tetap tangguh, didukung pendapatan rumah tangga yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang stabil.

Di sisi penawaran, sektor jasa dan manufaktur diharapkan memperluas pada kecepatan yang kuat di belakang konsumsi domestik, kunjungan wisatawan yang lebih tinggi dari Visit Malaysia Year 2014, serta pemulihan lebih tegas dalam permintaan eksternal, terutama dalam produk listrik dan elektronik.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6683 seconds (0.1#10.140)