PM Malaysia Mundur, Ringgit Jatuh ke Level Terendah

Senin, 16 Agustus 2021 - 19:37 WIB
loading...
PM Malaysia Mundur, Ringgit Jatuh ke Level Terendah
Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yassid. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tan Sri Muhyiddin Yassid resmi mengundurkan diri sebagai perdana menteri (PM) Malaysia setelah kehilangan kepercayaan dari parlemen, Senin (16/8/2021).

Pihak oposisi menilai Muhyiddin melanggar konstitusi, terutama saat dirinya terlibat selisih pendapat dengan Raja Malaysia Sultan Abdullah, ihwal pemberlakuan status darurat di Malaysia. Kendati demikian, Muhyiddin masih menjadi PM sementara sambil menunggu pemimpin baru terpilih.

Pengunduran diri ini memicu sejumlah pergerakan ekonomi di Negeri Jiran. Mata uang Ringgit terpantau jatuh di level terendahnya sepanjang tahun ini. Ringgit turun sekitar 0,1 persen menyentuh 4,24 per dolar Amerika Serikat (AS), terendah sejak Juli 2020. Sedangkan indeks saham acuan juga terperosok 0,4 persen.

"Masalahnya adalah tidak adanya penggantian yang jelas yang justru meningkatkan ketidakpastian lebih lanjut dan itu berarti akan terjadi stagnansi ekonomi," kata Trinh Nguyen, Ekonom Senior Natixis di Hong Kong, dilansir Reuters, Senin (16/8/2021).



Penurunan mata uang Ringgit dinilai masih terus berlanjut imbas dari ketidakstabilan politik yang berlarut-larut. “Krisis politik yang sedang berlangsung saat ini, sangat sulit untuk melihat Malaysia meningkatkan tren pertumbuhan yang berbeda. Itu berarti akan semakin jauh tertinggal dari rekan-rekan regional seperti Vietnam,” urainya.

Seperti diketahui, Muhyiddin belum memiliki pengganti yang jelas. Kabinetnya yang ikut serta mengundurkan diri hari ini, membuat investor khawatir kebuntuan politik dapat menunda limit batas utang negara dan menghambat pengeluaran yang dibutuhkan ketika badai pandemi Covid-19 mengamuk di negara beribukota Kuala Lumpur itu.

Persepsi investor terhadap kestabilan politik Malaysia dipandang perlu mengingat asing memegang 40 persen dari utang negara di Malaysia. Dana asing dilaporkan telah kabur karena pandemi dan ketidakstabilan politik dalam negeri. Hal ini kemudian mengganggu langkah perencanaan ekonomi pemerintah dan menunda upaya reformasi pajak.

Untuk diketahui, indeks bursa Malaysia FBM KLCI turun -2,21 poin atau 0,15% menjadi 1,502,9 pada hari ini, melansir The Edge Market (16/8). Menilik laporan berita Bernama (16/8), penutupan ini masih berada di atas level psikologis 1500. Sementara itu, total nilai transaksi terpantau meningkat menjadi 5,03 miliar ringgit dari penutupan sebelumnya Jumat yang mencapai 3,56 miliar ringgit.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)