Tapak bisnis Diebold cengkram perbankan di Indonesia

Sabtu, 26 Oktober 2013 - 13:00 WIB
Tapak bisnis Diebold cengkram perbankan di Indonesia
Tapak bisnis Diebold cengkram perbankan di Indonesia
A A A
Sindonews.com - Produsen penyedia mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Diebold Inc telah mencengkram bisnis perbankan di Indonesia.

"Cara Diebold memberikan tawaran fasilitas mewah perjalanan internasional, hiburan dan hadiah lain mungkin merupakan satu cara jitu dari banyaknya upaya yang dipakai dalam perluasan bisnis, serta pertahanan transaksi bisnis mereka," ungkap pengamat pasar modal dan perbankan, Deni Daruri, Sabtu (26/10/2013).

"Ini tentu saja tawaran menarik bagi oknum-oknum (pejabat) negara untuk melakukan penyimpangan dengan dalih sebagai 'balas budi' atas bisnis yang mereka lakukan," jelasnya.

Deni mengatakan, dugaan ini mencuat berdasarkan laporan yang diajukan Komisi Sekuritas dan Bursa AS. Diakuinya tapak bisnis Diebold sudah sangat kuat. Misalnya, Diebold pernah mengucurkan pembayaran hadiah tahunan kepada beberapa pejabat asing yang berpengaruh.

Dimana pengandilan AS mengungkapkan, suap untuk liburan dan hiburan para pejabat bank yang dikeluarkan Diebold sebesar USD3 juta atau sekitar USD 33,5miliar untuk para penjabat bank di China, Indonesia, dan Rusia. Hal ini dalam upaya mempertahankan transaksi bisnis mereka.

Agen dan anak perusahaan Diebold itu juga terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang Praktik Korupsi di Luar Negeri (Foreign Corrupt-Practices Art) yang dilakukan dalam kurun waktu 2005-2010.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4807 seconds (0.1#10.140)