PLN komitmen suplai listrik desa-desa terpencil

Senin, 28 Oktober 2013 - 10:51 WIB
PLN komitmen suplai listrik desa-desa terpencil
PLN komitmen suplai listrik desa-desa terpencil
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero tengah menyiapkan penyuplaian listrik di sejumlah desa-desa di seluruh Indonesia yang belum mendapatkan pasokan listrik.

"Kami ingin seluruh Indonesia sudah bisa mendapatkan listrik dengan merata, 12 hingga 13 juta kepala keluarga belum mendapatkan listrik, hal itu tentu menjadi PR bagi PLN," ucap Direktur utama PLN, Nur Pamudji, di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Senin (28/10/2013).

Terkait hal itu, ia menambahkan, sumber pembangkit listrik yang digunakan untuk pulau-pulau terpencil yaitu Compress Natural Gas (CNG). Solusi untuk suplai listik tersebut prosesnya diangkut dengan kapal melalui laut, hanya saja cara ini bisa digunakan oleh pulau-pulau kecil yang dekat dengan sumber gas.

Untuk desa-desa terpencil, PLN sedang mencanangkan program penyebaran kebutuhan listrik bagi desa-desa dengan program project Management Office (PMO) dimana PLN dan pemerintah melakukan pemantauan secara seksama dan optimalisasi anggaran yang akan dikelola berdasarkan data-data kapasitas listrik yang dibutuhkan.

Sebelumnya diberitakan, PT PLN menggelar Peringatan Hari Kelistrikan ke-68 tahun dengan tema "Menerangi Negeri dengan Kemandirian Produk Bangsa" di PLN Pusat, Jakarta.

Dalam kegiatan tersebut, PLN juga meluncurkan perencanaan, pengelolaan pendanaan, monitoring dan pengendalian proyek ketenagalistrikan di daerah-daerah terpencil melalui program project management office (PMO).

Hal ini diharapkan akan meningkatkan kinerja PLN dalam melayani masyarakat. "Tema tahun ini dipilih dengan tujuan PLN dapat memberikan produk-produk terdepan bagi bangsa," kata Nur Pamudji.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9127 seconds (0.1#10.140)