Dirut PLN: Kebutuhan listrik terus meningkat

Senin, 28 Oktober 2013 - 12:34 WIB
Dirut PLN: Kebutuhan listrik terus meningkat
Dirut PLN: Kebutuhan listrik terus meningkat
A A A
Sindonews.com - Direktur Utama PT PLN (Persero), Nur Pamudji mengakui, bahwa kebutuhan energi nasional pada kenyataannya saat ini semakin meningkat.

Namun, Kata Nur Pamudji, hal ini tidak didukung oleh pertumbuhan ekonomi nasional. Bahkan, pertumbuhan ekonomi nasional cenderung melambat.

"Pelanggan PLN golongan industri yang menggunakan listrik untuk keperluan produktif, tumbuh sebesar 8,3 persen. Kini, jumlah pelanggan bertambah 4,5 persen," kata dia di sela-sela Coffee Morning di kantor pusat PLN, Jakarta, Senin (28/10/2013).

Meningkatnya konsumsi listrik bagi pelanggan industri yang hampir dua kali lipat ini, secara tidak langsung menunjukkan pertumbuhan industri. Sedangkan, jumlah pelanggan rumah tangga tumbuh 8 persen. Sementara, untuk konsumsi listrik rumah tangga meningkat 5,5 persen.

"Perkembangan pelanggan rumah tangga ini positif, berarti ada perbaikan rasio elektrifikasi yang semakin cepat dengan konsumsi konsumtif yang terjaga," ujarnya.

Nur menuturkan, khusus pelanggan industri skala besar, seperti tekstil, pengolahan logam, elektronik, dan keramik, konsumsi listriknya melonjak lebih dari 8 persen. Sementara, untuk konsumsi listrik industri sangat besar seperti pabrik baja, semen, dan industri kimia tercatat tumbuh lebih dari 10 persen.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4907 seconds (0.1#10.140)