Ketidakjelasan regulasi bikin pembangunan RI terhambat

Rabu, 30 Oktober 2013 - 16:05 WIB
Ketidakjelasan regulasi...
Ketidakjelasan regulasi bikin pembangunan RI terhambat
A A A
Sindonews.com - Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN, Wahyu Hidayat mengatakan, banyaknya regulasi yang belum jelas mengakibatkan pembangunan Indonesia terhambat.

"Aneh Republik ini, regulasi sendiri menghambat kemajuan, terutama kemajuan BUMN," kata Wahyu dalam acara BUMN Award di Hotel Mulia, Jakarta, Rabu (30/10/2013).

Wahyu mencontohkan, salah satu aturan yang menghambat adalah pembangunan tol atas laut di Bali. Dalam pembangunan tol ini sudah banyak swasta yang berminat. Tapi tanpa adanya kejelasan aturan, pembangunan tidak kunjung dimulai oleh pihak swasta.

"Dulu itu ada swasta sudah dapat bangun tol atas laut di Bali. Tapi tidak jadi jadi sampai BUMN gregetan," katanya.

Dia mengatakan, pembebasan lahan, fasilitas yang akan diberikan, serta izin yang masih tumpang tindih menjadi beberapa sebab pembangunan di Indonesia banyak yang terhambat.

Wahyu mengku telah didatangi investor asing untuk meminta penjelasan regulasi, karena reguliasnya dinilai tidak jelas. Dia pun meminta regulasi lebih diperjelas lagi. "Swasta asing sampai datang ke saya karena enggak jelas di sini (aturan). Perjelaslah aturan main agar mudah," ungkapnya.

Namun, akhirnya dengan inisiatif, BUMN secara bersinergi mengambil alih dan menyelesaikan proyek tol Bali. "Satu hal terbaik aturan mengenai sinergi antar BUMN untuk menghindarkan hal-hal yang patut tapi tidak dapat dilakukan karena regulasi yang ada. Regulasi sendiri yang menghambat kemajuan BUMN," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0883 seconds (0.1#10.140)