Panin Grup kembangkan kawasan Bandara Samarinda

Sabtu, 02 November 2013 - 18:32 WIB
Panin Grup kembangkan kawasan Bandara Samarinda
Panin Grup kembangkan kawasan Bandara Samarinda
A A A
Sindonews.com - Komitmen Panin Group untuk mengembangkan Bandara Samarinda Baru (BSB) dibuktikan dengan rencana pembangunan kawasan sekitar airport. Sebelumnya, Panin Group telah menyetujui investasi membangun sisi udara bandara tersebut.

Persda Investment, anak perusahaan Panin Group, berencana membangun kota satelit di sekitar BSB. “Mereka (Panin Group) ingin membangun kota satelit di dekat BSB. Jadi, ada hotel, mal dan perumahan," kata Kepala Biro Kerja Sama dan Penataan Wilayah Pemprov Kaltim, Tri Murti Rahayu, Sabtu (2/11/2013).

Hanya saja, untuk pembangunan kota satelit ini Persda Investment membutuhkan ribuan hektar lahan di sekitar bandara. Hingga saat ini, kata Tri, Pemprov Kaltim belum merespon tawaran pembangunan kota satelit dari Persada Investment tersebut. "Itu baru usulan mereka. Belum kita setujui atau ditolak," ujarnya.

"Finansial mereka sudah siap. Bahkan, mereka menawarkan diri untuk membangun bandara internasional langsung dengan runway 2.500 meter. Tapi bagi kita yang penting pembangunan sisi udara jalan dulu walaupun bertahap 1.600 meter," tambah Tri.

Sedikitnya terdapat tiga Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang akan dijalin Pemprov Kaltim dengan Persada Investment. Perjanjian pertama adalah pembangunan Bandara Samarinda Baru. Perjanjian kedua, yakni membuat perusahaan bersama antara Perusahaan Daerah Melati Bhakti Satya (MBS) dan Persada Investment, guna mengelola BSB.

"Jadi, MBS dan Panin akan membentuk perusahaan bersama. Siapa yang akan duduk di perusahaan bersama nanti, akan ditentukan di PKS kedua ini," jelasnya.

Sementara perjanjian ketiga, yakni mengatur tentang detail kerja sama pengelolaan BSB tersebut. Perjanjian ini mengatur besaran aset Pemprov Kaltim dan Panin Group, termasuk bagi hasil dan pengelolaannya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6920 seconds (0.1#10.140)