Solo siap distribusikan 172.590 kg raskin premium

Senin, 04 November 2013 - 11:59 WIB
Solo siap distribusikan 172.590 kg raskin premium
Solo siap distribusikan 172.590 kg raskin premium
A A A
Sindonews.com - Beras jenis premium siap didistribusikan kepada 17.259 keluarga miskin di Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mulai pertengahan bulan ini. Jatah dua bulan raskin premium sebanyak 172.590 kilogram (kg) bakal dirapel November.

Kepala Kantor Ketahanan Pangan (KKP) Solo, Basuki Anggoro Hexa mengatakan, distribusi ini akan diawali sosialisasi ke lurah dan camat pada 13 November. Diperlukan pemahaman kepada aparat di wilayah perihal sasaran dan payung hukum pendistribusiannya, mengingat program raskin premium baru pertama kali diberlakukan.

"Setelah sekian lama, baru kali ini terealisasi. Seluruh camat dan lurah akan disosialisasikan tentang Perwali raskin premium. Akan diberikan penjelasan tentang RTS oleh Bappeda. Mulai tanggal 15 bisa diterima RTS," kata dia, Senin (4/11/2013).

Menurutnya, setiap rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) berhak menerima rapelan beras sebanyak 10 kg dari jatah bulanan 5 kg. Hexa mengatakan, pemkot terpaksa merapel beras premium karena rencana distribusi awal Oktober luput. Ini disebabkan mekanisme pengadaan beras tergolong susah diterapkan.

"Distribusi November yang paling cepat. Sebelumnya, Bulog tidak bisa memenuhi e-katalog, sehingga lelang terbuka digelar. Akhirnya kami memperoleh mitra dari Purwodadi, setelah tiga kali lelang gagal," imbuhnya.

Untuk diketahui, APBD perubahan 2013 mengalokasikan Rp2,071 miliar dalam program raskin premium selama tiga bulan. Bantuan ini dipercaya langsung terserap ke keluarga miskin karena kualitasnya bagus.

Kualitas beras dalam program ini berbeda jika dibandingkan raskin reguler dari pemerintah pusat yang sering dikeluhkan. Hexa menjamin tak perlu dilakukan pengembalian beras akibat kualitas buruk. Satu paket terakhir akan didistribusi awal Desember.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6657 seconds (0.1#10.140)