BTPN tingkatkan penyaluran kredit mass market

Rabu, 06 November 2013 - 16:40 WIB
BTPN tingkatkan penyaluran kredit mass market
BTPN tingkatkan penyaluran kredit mass market
A A A
Sindonews.com - PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk fokus menggarap segmen mass market meningkatkan penyaluran kredit mikro. Di Indonesia, segmen mass market diperkirakan mencapai 44 juta pelaku usaha.

Regional Business Leader BTPN Jawa Barat, Dwi Handoko Putro mengatakan, segmen usaha mikro dan kecil (UMK) masih sangat menjanjikan.

Di Indonesia segmen ini diperkirakan mencapai 44 juta pelaku usaha. Tetapi, baru sekitar 44 persen yang telah mengakses pembiayaan perbankan. Padahal, segmen mass market memiliki ketangguhan bisnis dan tahan terhadap gempuran krisis ekonomi.

“Selain itu, segmen pra sejahtera produktif yang sebagian besar belum bankable diperkirakan mencapai 55 juta pelaku usaha. Itu peluang bagi kami melebarkan penetrasi kredit,” jelas Dwi di sela-sela rangkaian program Daya di BTPN Jalan A Yani, Kota Bandung, Rabu (6/11/2013).

Upaya meningkatkan penetrasi pembiayaan dilakukan melalui program Daya. Yaitu memperdayakan pelaku usaha dengan kegiatan yang terukur dan berkelanjutan. Segmen ini digarap melalui program bisnis Purna Bakti (pensiunan), Syariah (pra-sejahtera produktif) dan Mitra Usaha Rakyat (usaha mikro kecil).

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, periode Januari-September 2013, Bank BTPN telah menyalurkan kredit Rp45,3 triliun. Angka ini tumbuh 22 persen dari pencapaian periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp37,08 triliun.

Penyaluran kredit untuk segmen pensiun sebesar Rp30,9 triliun, tumbuh 14 persen dari pencapaian periode yang sama tahun lalu yang hanya Rp27,1 triliun.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6149 seconds (0.1#10.140)