Perusahaan tambang asing sudah kembalikan lahan ke negara

Rabu, 06 November 2013 - 21:31 WIB
Perusahaan tambang asing sudah kembalikan lahan ke negara
Perusahaan tambang asing sudah kembalikan lahan ke negara
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, salah satu yang dibahas dalam renegosiasi Kontrak Karya (KK) perusahaan mineral dan barang tambang (minerba) adalah pengembalian lahan milik perusahaan tersebut yang tidak terpakai kepada negara.

Hatta juga menyebut sebagian besar perusahaan tambang asing yang beroperasi di Indonesia telah mengembalikan lahan yang tidak terpakai tersebut.

"Freeport ada yang sudah dikembalikan, begitupun Valley yang juga mengembalikan lahan tersebut," kata Hatta di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Hatta mengaku lahan yang telah dikembalikan perusahaan-perusahaan tersebut akan menjadi lahan cadangan milik negara. "Yang penting seluruhnya sudah mengembalikan lahan yang melebihi ketentuan," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM Jero Wacik mengatakan, dirinya tidak mengetahui secara persis luas lahan yang telah dikembalikan, karena relatif beragam luasnya.

"Jadi luas lahan yang tidak akan dikerjakan sekian puluh tahun jangan dikuasai lah, harus dikembalikan ke negara," pungkas Wacik.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6109 seconds (0.1#10.140)