Harga BBM bikin UMP naik dua kali tahun ini

Kamis, 07 November 2013 - 14:10 WIB
Harga BBM bikin UMP naik dua kali tahun ini
Harga BBM bikin UMP naik dua kali tahun ini
A A A
Sindonews.com - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Mahendra Siregar memahami tingginya kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) yang diminta buruh sebanyak dua kali pada 2013.

Mahendra meyakini tingginya permintaan UMP didasari tingkat inflasi 2013 hingga 9 persen dikarenakan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelumnya.

"Tingkat inflasi tahun ini lebih tinggi karena melalui satu kebijakan pemerintah menaikkan harga BBM," kata Mahendra di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Mahendra juga meyakini apabila tidak ada hal-hal yang menyebabkan kenaikan angka inflasi terlalu tajam pada 2014, maka UMP dipastikan tidak akan naik secara signifikan seperti tahun ini.

"Setidaknya dibandingkan tahun lalu yang tetap menumbuhkan persoalan sendiri besarnya kenaikan (UMP) yang ditetapkan tahun ini, semestinya tidak menimbulkan dampak sebesar tahun lalu," imbuh dia.

Bahkan Mahendra mengajukan usul apabila BKPM dapat diajak serta masuk dalam perundingan tripartit pada 2014.

"Tahun depan kami lihat kalau memang kami bisa berkontribusi, karena penting untuk mendiskusikan dan merumuskan yang baik soal ini," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8049 seconds (0.1#10.140)