Percepat layanan, Pelindo III terapkan windows system

Kamis, 07 November 2013 - 17:09 WIB
Percepat layanan, Pelindo...
Percepat layanan, Pelindo III terapkan windows system
A A A
Sindonews.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau PT Pelindo III telah meningkatkan jumlah rute pelayaran petikemas domestik, dari 29 rute tahun lalu menjadi 32 rute hingga November 2013.

Hal ini sebagai wujud nyata komitmen kerjasama antara Pelindo III dengan perusahaan pelayaran petikemas domestik, telah terjadi peningkatan jumlah rute pelayaran petikemas domestik. Hal itu tak lepas dari dukungan PT Pelindo III terhadap perusahaan pelayaran yang membuka rute baru di wilayah kerjanya.

Bentuk dukungan tersebut diantaranya adalah pemberian previlage terhadap perusahaan pelayaran untuk melakukan ekspansi terhadap rute yang baru dirintis serta jaminan kemudahan dalam hal pelayanan dan penyediaan fasilitas.

Salah satu bentuk peningkatan pelayanan yang menjadi inovasi Pelindo III adalah Windows System on Schedule yang dirintis sejak tahun 2009 untuk rute pelayaran Pelabuhan Tanjung Perak (Surabaya)–Pelabuhan Banjarmasin.

Dengan pelayanan Windows system on Schedule ini, Pelindo III berkomitmen memberikan kepastian sandar kepada pengguna jasa (pelayaran petikemas domestic) sesuai jadwal kedatangan kapal, sehingga dapat meningkatkan kunjungan kapal dengan target Turn Round Voyage (TRV) lima hari.

Direktur Pemasaran dan Pengembangan Usaha Pelindo III Husein Latief mengatakan bahwa penerapan sistem ini memungkinkan perusahaan pelayaran mendapatkan kepastian pelayanan jasa kepelabuhanan melalui penjadwalan kedatangan/keberangkatan kapal.

Perusahaan pelayaran dapat menekan biaya tetap yang harus dibebankan sebagai akibat meningkatnya jumlah voyage kapal. Dengan kepastian jadwal, kegiatan operasional di pelabuhan bisa dilakukan dengan terencana, lancar dan tertib.

"Kami berinisiatif mengumpulkan perusahaan pelayaran petikemas domestik setiap akhir bulan. Kemudian kami berkoordinasi melakukan scheduling system untuk memastikan jadwal kedatangan dan jadwal sandar kapal untuk periode satu bulan kedepan," kata Husein dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (7/11/2013).

Perusahaan pelayaran yang ingin berpartisipasi dalam sistem ini diwajibkan mendaftarkan kapal dan target muatan (sesuai ketentuan yang telah disepakati), dengan demikian kami dapat mengatur tambatan dan peralatan guna meningkatkan pemanfaatannya sehingga dapat tercapai optimalisasi fasilitas dan peralatan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0502 seconds (0.1#10.140)