Menkeu klaim revisi DNI akan kurangi pengangguran

Jum'at, 08 November 2013 - 17:42 WIB
Menkeu klaim revisi DNI akan kurangi pengangguran
Menkeu klaim revisi DNI akan kurangi pengangguran
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu), M Chatib Basri mengatakan, dengan dibuka dan dilonggarkannya beberapa bidang usaha dalam revisi Daftar Negatif Investasi (DNI), akan mendatangkan beberapa imbas positif.

Salah satu hal positif tersebut adalah berkurangnya angka pengangguran karena investor asing akan berinvetasi secara langsung di Indonesia.

"Pilihannya dua, anda mengimpor atau anda minta (investor) asing buat (pabrik) di sini. Asing nanti bisa create job," katanya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (8/11/2013).

Dia juga meminta agar Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengatur beberapa syarat investasi asing atas direvisinya DNI seperti training bagi para pekerja.

"Selain itu, pabriknya lebih baik dibuat di luar pulau Jawa, agar wilayah selain Jawa juga dapat berkembang cepat," ujar Chatib.

Selain itu, kata Chatib, dengan direvisinya DNI juga akan mengurangi defisit neraca pembayaran terutama dari barang impor yang membanjiri Indonesia sebagai imbas pertumbuhan ekonomi.

"Karena itu saya adalah orang yang lebih setuju untuk membawa Foxconn membuat pabrik di sini ketimbang impor langsung berupa ponsel Apple," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6359 seconds (0.1#10.140)