Arkalogic Transaksi siap layani cashless society

Senin, 11 November 2013 - 19:41 WIB
Arkalogic Transaksi siap layani cashless society
Arkalogic Transaksi siap layani cashless society
A A A
Sindonews.com - PT Arkalogic Transaksi siap meluncurkan produk untuk melakukan transaksi elektronik terintegrasi, Moneta. Produk buatan dalam negeri ini diyakini akan mendukung tren cashless society dan menyatukan berbagai platform pembayaran elektronik saat ini.

Founder dan CEO Arkalogic, Aryo Karbhawono mengatakan, produk ini akan menjadi solusi teknologi pertama buatan Indonesia yang ditampilkan di FinovateAsia 2013. Ajang eksebisi teknologi keuangan international yang akan digelar pada 14 November di Singapura.

Industri keuangan dunia, termasuk Indonesia dalam beberapa tahun terakhir berpacu untuk mengembangkan teknologi keuangan berbasis mobile, dipicu oleh perubahan gaya hidup konsumen yang semakin bergantung pada transaksi elektronik dan transaksi bergerak (mobile).

Namun, sayangnya, kompetisi pengembangan tekonologi keuangan non-tunai dan mobile oleh berbagai perusahaan justru membuat konsumen semakin tidak nyaman. Karena teknologi beragam namun terfragmentasi (tidak teritengrasi) antara satu dengan yang lain.

"Kami juga melihat perkembangan smartphone saat ini dan menyesuaikannya. Produk ini akan kami luncurkan dalam beberapa pekan kedepan baik hardware dan software," ujar Aryo dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (11/1/2013).

Dia mengaku telah melakukan riset selama dua tahun untuk memecahkan masalah yang dihadapi perbankan, pedagang, dan konsumen di seluruh dunia dalam melakukan transaksi non tunai bergerak (mobile and cashless transaction).

Setiap mengembangkan sistem teknologi eklusif, terfragmentasi antara satu dengan yang lain, dan sering kali masih terlalu mahal untuk diadopsi oleh pedagang kecil atau konsumen kebanyakan.

Dalam dua tahun terakhir, kata dia, teknologi yang dikembangkan Aryo ini telah lolos ujian teknis, keamanan sekaligus komersial. Produk solusi teknologi yang dihasilkan, Moneta, telah mendapatkan sertifikasi keamanan global dari Europay Mastercard Visa (EMV Certification). Sehingga siap untuk bekerja sama dengan perbankan di seluruh dunia.

Moneta bahkan menjadi solusi mobile payment teknologi pertama di Asia Tenggara yang mendapatkan sertifikasi EMV level 1 dan 2 secara bersamaan.

Selain itu, dia juga didukung investor, sehingga selain siap bermitra dengan industri keuangan, Arkalogic juga saat ini mulai berekanan dengan merchants, situs e-commerce, serta siap meluncurkan produknya secara independen dalam waktu dekat.

"Hingga kini, sistem transaksi dan pembayaran elektronik atau mobile di dunia, termasuk di Indonesia, masih terfragmentasi. Baik masih tergantung pada akun bank tertentu, layanan operator selular tertentu, atau keterbatasan-keterbatasan lainnya. Padahal konsumen bukan hanya mengharapkan transaksi yang cashless, tapi juga mencari kenyamanan dan kemudahan," jelas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4670 seconds (0.1#10.140)