BI gandeng TNI edarkan uang di pedalaman Papua

Minggu, 17 November 2013 - 16:39 WIB
BI gandeng TNI edarkan...
BI gandeng TNI edarkan uang di pedalaman Papua
A A A
Sindonews.com - Bank Indonesia (BI) menggandeng TNI Angkatan Udara (AU) untuk mengirimkan dan mengedarkan uang ke daerah-daerah terpencil dan perbatasan.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengatakan, kerja sama tersebut melanjutkan kerja sama yang telah dibangun sebelumnya antara BI dengan TNI Angkatan Laut (AL).

"Belum sampai Mou tapi di level internal sudah ada tekniknya," ujar Ronald dalam acara Gerakan Ekonomi Syariah (Gres!) di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Minggu (17/11/2013).

Dia menjelaskan, kerja sama dengan TNI AU ini terutama untuk mengedarkan uang di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat pedalaman, yang tidak berbatasan dengan laut (landlocked) dan juga tidak memiliki akses darat.

"Karena Papua itu di tengahnya tidak ada laut, jadi nanti kita bisa kerja sama dengan TNI AU," ujar dia.

Selain itu, alasan utama dilibatkannya TNI AU untuk mengedarkan uang di wilayah tersebut demi memperluas jangkauan peredaran uang sebagai kewajiban BI.

"Karena kalau peredarannya ikut reguler, apabila ada halangan seperti cuaca mereka tidak jadi berangkat. Jadi kita coba perluas itu," kata dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)