Kemenpera salurkan bantuan perumahan swadaya di Jambi

Senin, 18 November 2013 - 12:10 WIB
Kemenpera salurkan bantuan perumahan swadaya di Jambi
Kemenpera salurkan bantuan perumahan swadaya di Jambi
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) melalui Deputi Bidang Perumahan Swadaya menyalurkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk 663 warga yang masih tinggal di rumah tidak layak huni di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.

BSPS merupakan salah satu program Kemenpera untuk mengurangi jumlah rumah tidak layak huni yang dihuni oleh masyarakat miskin di Indonesia.

Asisten Deputi Evaluasi Perumahan Swadaya Eko D Heripoerwanto menjelaskan, program BSPS yang dilaksanakan oleh Kemenpera merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong masyarakat miskin agar dapat membangun serta meningkatkan kualitas rumahnya secara berkelompok, sehingga lebih layak huni.

"Kemenpera terus berusaha meningkatkan kemampuan masyarakat miskin atau masyarakat berpenghasilan rendah untuk dapat membangun dan meningkatkan kualitas rumahnya secara swadaya dengan pendampingan. Dalam penyaluran program BSPS Kemenpera bekerjasama dengan BRI untuk menyalurkan dana bantuan tersebut," ujarnya dalam rilisnya di Jakarta, Senin (18/11/2013).

Menurutnya, BSPS merupakan salah satu bantuan sosial berupa dana stimulan yang telah diluncurkan Kemenpera sejak 2006 dan hingga kini nilai bantuannya terus meningkat setiap tahunnya. Pada 2013, Kemenpera telah mengalokasikan BSPS untuk 1.812 unit rumah warga Provinsi Jambi.

"Dalam penyaluran dana BSPS kami menganut tiga prinsip utama, yaitu tepat sasaran, tepat penggunaan dan tepat waktu. Kami juga berharap adanya peran aktif warga untuk segera melaporkan apabila ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin memotong dana BSPS Kemenpera ini. Sebab dalam pelaksanaan BSPS tidak boleh ada potongan atau pungutan liar," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6145 seconds (0.1#10.140)