Pemerintah minta PLN intensif rawat jaringan listrik

Selasa, 19 November 2013 - 17:04 WIB
Pemerintah minta PLN intensif rawat jaringan listrik
Pemerintah minta PLN intensif rawat jaringan listrik
A A A
Sindonews.com - Pemerintah meminta PT PLN (Persero) melakukan perawatan jaringan listrik agar tidak terjadi pemadaman listrik berkepanjangan di sejumlah daerah.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jarman meminta PLN melakukan perawatan secara intensif jaringan listrik, terutama pada musim hujan saat ini agar tidak terjadi gangguan.

"Jaringan harus dirawat dengan baik, sehingga dia selalu stand by untuk menyalurkan listrik, " kata Jarman saat acara International Conference Power Plant & Energy Jakarta Summit di Jakarta, Selasa (19/11/2013).

Menurut Jarman, pemadaman listrik di sejumlah daerah akhir-akhir ini bukan karena gangguan pasokan. Namun, karena kurang perawatan jaringan listrik sehingga jika ada petir dan angin menjadi mudah terganggu.

"Pasokan cukup, margin-nya cukup. sekarang tinggal bagaimana jaringan itu aman," kata dia.

Deputi Manager Komunikasi PLN Disjaya Roxy Swagerino mengatakan, telah melakukan langkah antisipasi saat memasuki musim hujan seperti saat ini dengan menambah frekuensi pengawasan aset jaringan PLN.

Selain itu, PLN Disjaya juga melakukan peninggian beberapa gardu listrik dan gardu susun guna mengantisipasi jika wilayah di sekitar gardu tersebut terjadi banjir, sehingga air tidak mudah masuk ke dalam gardu.

"Antisipasi ini terkait aset PLN, sehingga kami melakukan inspeksi peninggian beberapa gardu dan pembangunan beberapa gardu susun," tutur Roxy.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2642 seconds (0.1#10.140)