Mobil teraman di dunia tampil di Tokyo Motor Show

Rabu, 20 November 2013 - 10:46 WIB
Mobil teraman di dunia tampil di Tokyo Motor Show
Mobil teraman di dunia tampil di Tokyo Motor Show
A A A
Sindonews.com - Pabrikan mobil listrik asal California, Amerika Serikat (AS) melakukan debut perdana di Tokyo Motor Show 2013. Pabrikan mobil listrik yang dimiliki oleh Elon Musk tersebut melakukan debut sederhana di Tokyo Big Sight, West Hall.

Hanya satu model yang dipajang, yakni Tesla Model S. Selain mobil tersebut dipajang rangka mobil dari Tesla Model S yang memungkinkan pengunjung melihat struktur tubuh yang menopang mobil listrik ini.

Menariknya, saat ini Tesla Model S justru tengah dikritisi karena peristiwa kebakaran yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Tercatat ada tiga mobil Tesla Model S yang terbakar dalam waktu berdekatan, yakni enam pekan.

Direktur Tesla Asia Pasifik Kevin Yu menolak anggapan bahwa mobil ini rentan terbakar. "Satu hal yang perlu diketahui mobil ini terbakar bukan karena rentan tapi karena peristiwa kecelakaan," ujarnya, di Tokyo, Jepang, Rabu (20/11/2013).

Tesla Model S diluncurkan pada 2012. Mobil ini merupakan tahap awal dari mobil selanjutnya yakni Tesla Model X yang akan meluncur pada 2014.

Uniknya, meski rentan terbakar, Tesla Model X malah pernah dinobatkan sebagai mobil teraman oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA). Tesla Model S sebagai mobil dengan diberi rating keselamatan paling tinggi sepanjang sejarah. Tak heran, Model S dibuat dari komponen pesawat luar angkasa.

Pengujian yang dilakukan NHTSA mengukur kemungkinan efek benturan dari depan, samping, belakang dan kecelakaan terbalik. Di bagian depan, Model S memiliki blok mesin dengan ukuran tidak besar sehingga tidak mengancam penumpangnya.

Di bagian samping, Tesla menggunakan rekayasa teknik yang digunakan bagian pesawat luar angkasa, Apollo Lunar Lander. Di bagian belakang, Model S dijejali bumper ganda untuk mengamankan baris jok penumpangnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6094 seconds (0.1#10.140)