Pelabuhan Tanjung Adikarto dipastikan beroperasi 2014

Rabu, 20 November 2013 - 17:18 WIB
Pelabuhan Tanjung Adikarto dipastikan beroperasi 2014
Pelabuhan Tanjung Adikarto dipastikan beroperasi 2014
A A A
Sindonews.com - Pelabuhan Tanjung Adikarto di muara Sungai Serang kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta dipastikan akan beroperasi pada 2014 mendatang. Kementerian Kelautan dan Perikanan siap mengucurkan dananya.

“Sebelum Kabinet Indonesia bersatu berakhir pelabuhan ini harus sudah selesai,” jelas Sekjend Kementerian dan Kelautan Syarief Widjaja pada pencanangan program Peningkatan Kesejahteraan Nelayan (PKN) di Komplek Pelabuhan Tanjung Adikarto, Kulonprogo, Rabu (20/11/2013).

Kementerian akan mengalokasikan dananya untuk membantu proses percepatan pembangunan. Termasuk sarana prasarana pendukung akan ikut dibangun. Ini dilakukan agar pelabuhan ini bisa beroperasi.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, mengatakan kondisi keuangan di Kulonprogo cukup terbatas. Kondisi ini membuat beberapa program pembangunan tidak bisa langsung didanai sekaligus. Namun harus bertahap menyesuaikan kemampuan dana yang ada.

Pada 2012, pemkab Kulonprogo telah melakukan pembebasan lahan akses masuk ke pelabuhan. Saat itu, APBD Kulonprogo dialokasikan sebesar Rp1 miliar lebih. Sehingga butuh kucuran dana dari pusat untuk mendukung pembangunan pelabuhan yang ada. ”Setidaknya 2014 harus sudah dilakukan soft launching,” jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4425 seconds (0.1#10.140)