PLN siap beli kelebihan listrik dari panel surya

Kamis, 21 November 2013 - 17:08 WIB
PLN siap beli kelebihan listrik dari panel surya
PLN siap beli kelebihan listrik dari panel surya
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero siap menerima kelebihan energi listrik yang dihasilkan oleh pelanggan pengguna panel surya dengan menerapkan sistem ekspor-impor.

“Untuk pelanggan PLN yang menggunakan panel surya, perusahaan akan memasang meter listrik ekspor-impor. Pengiriman kelebihan listrik ini dapat terjadi karena pelanggan memiliki dua sumber pasokan listrik dari panel surya dan dari PLN,” kata Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN Bambang Dwiyanto dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Menurut dia, energi listrik yang diterima PLN dari panel surya akan di-offset dengan energi listrik yang dikirim perusahaan ke pelanggan. Bila listrik diterima PLN dari panel surya lebih besar dari listrik yang dikirim, maka selisihnya menjadi deposit listrik untuk diperhitungkan dalam pemakaian listrik pada bulan-bulan berikutnya.

“Sistem ekspor-impor ini dilakukan PLN kepada pelanggan pengguna panel surya sebagai upaya mendorong percepatan pemanfaatan energi baru dan terbarukan (EBT), sekaligus menambah kapasitas pasokan listrik kepada pelanggan,” ujar Bambang.

PLN sangat mengapresiasi upaya masyarakat yang menggunakan energi terbarukan, dalam hal ini energi surya. Para pelangan yang memasang panel surya dibangunan miliknya untuk memenuhi kebutuhan listrik secara mandiri selain dari PLN dapat menggunakan energi listrik dari panel surya secara pararel dengan pasokan listrik dari PLN.

"Misalnya dari pukul 07.30 hingga 17.00, pelangan menggunakan listrik dari panel surya miliknya. Kemudian sore, malam dan jelang pagi, pelanggan beralih menggunakan listrik dari PLN," ujar dia.

Perlu diketahui, hingga saat ini sudah ada beberapa pelanggan yang memanfaatkan panel surya dan melakukan barter energi listrik dengan PLN.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8254 seconds (0.1#10.140)