Jabar akan miliki ribuan koperasi simpan pinjam

Selasa, 26 November 2013 - 15:41 WIB
Jabar akan miliki ribuan...
Jabar akan miliki ribuan koperasi simpan pinjam
A A A
Sindonews.com - Sekitar 12.000 koperasi serba usaha (KSU) diperkirakan akan beralih menjadi koperasi simpan pinjam (KSP). Hal ini sejalan dengan pelaksanaan UU No 17/2012 tentang Perkoperasian.

Banyaknya KSP, mestinya mendapat dukungan perbankan dan lembaga pembiayaan lainnya, agar penetrasi kredit kepada pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tergabung dalam keanggota koperasi lebih berkembang.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) Jabar, Anton Gustoni usai membuka Workshop Pemisahan KSU di Hotel Bumi Asih Jaya, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (26/11/2013).

Menurutnya, UU No 17/2012 tentang Perkoperasian mengharuskan badan hukum koperasi terdiri atas empat jenis koperasi. Yaitu koperasi produsen, koperasi jasa, koperasi simpan pinjam, dan koperasi konsumen.

Atas ketentuan tersebut, maka KSU yang saat ini menggabungkan keempat sektor tersebut, mesti dipisahkan. Terutama untuk koperasi yang memiliki core bisnis unit simpan pinjam (USP).

Dia mengatakan, di Jabar ada sekitar 24.916 unit koperasi. Namun, koperasi yang aktif melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) sekitar 12.000 koperasi. Dari jumlah tersebut, hampir semua koperasi menjalankan bisis simpan pinjam.

"Apabila UU tersebut mulai berlaku, koperasi yang khusus membidangi simpan pinjam diperkirakan bisa mencapai 11 ribu unit lebih," ujar Anton.

Dengan fokusnya koperasi yang membidangi simpan pinjam, Anton berharap, akses pembiayaan/kredit pelaku usaha akan semakin mudah. Apalagi, pembiayaan bagi pelaku UMKM masih di bawah 28 persen dari total penyaluran kredit perbankan di Jawa Barat.

Dengan menjadi anggota koperasi, anggotanya bisa mendapatkan pinjaman modal serta menyimpan uang di koperasi tersebut.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7104 seconds (0.1#10.140)