S&P pangkas rating perbankan Malaysia

Rabu, 27 November 2013 - 19:06 WIB
S&P pangkas rating perbankan...
S&P pangkas rating perbankan Malaysia
A A A
Sindonews.com - Standard & Poor`s (S&P) memangkas prospek kredit untuk empat bank Malaysia dalam kekhawatiran, bahwa kenaikan harga rumah dan utang rumah tangga berkontribusi terhadap ketidakseimbangan ekonomi di negara tersebut.

Lembaga pemeringkat kredit itu merevisi prospek menjadi negatif dari stabil untuk CIMB Group Holdings Bhd (CIMB), AmBank (M) Bhd, RHB Bank Bhd dan adik perusahaan RHB Investment Bank Bhd.

"Prospek negatif mengakui potensi penurunan kualitas aset bank dan profil keuangan, jika beban utang konsumen membuktikan berlebihan dalam skenario ekonomi yang tidak menguntungkan," kata analis S&P, Ivan Tan dan Deepali V Seth dalam laporannya, seperti dilansir dari Bloomberg, Rabu (27/11/2013).

Penilaian lembaga telah mengirim sinyal campuran pada kelayakan kredit Malaysia di tengah upaya Perdana Menteri Najib Razak mengendalikan defisit anggaran.

"Bank-bank tengah menghadapi peningkatan risiko, tapi mungkin terlalu dini untuk melihatnya negatif," kata Yeah Kim Leng, kepala ekonom dari perusahaan peringkat lokal RAM Holdings Bhd.

"Mengingat prospek ekonomi yang membaik, semua risiko-risiko berasal dari leverage tinggi rumah tangga dan kenaikan harga properti tidak dapat menjamin pandangan negatif," tambahnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2936 seconds (0.1#10.140)