Orang kaya ikut andil lemahkan rupiah

Senin, 02 Desember 2013 - 16:31 WIB
Orang kaya ikut andil lemahkan rupiah
Orang kaya ikut andil lemahkan rupiah
A A A
Sindonews.com - Kepala Ekonom Bank Mandiri Destry Damayanti mengatakan, salah satu penyebab anjloknya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) di akhir tahun, karena banyak orang kaya yang menukar rupiah dengan dolar AS untuk keperluan berlibur di akhir tahun.

"Utang swasta yang jatuh tempo ditambah lagi dengan permintaan dolar untuk liburan ke luar negeri bagi orang-orang kaya telah membuat Bank Indonesia (BI) harus menambah likuiditasnya," terang Destry di Gedung BRI, Jakarta, Senin (2/12/2013).

Untuk utang swasta yang jatuh tempo pada kuartal IV/2013, Destry memperkirakan mencapai USD17 miliar. Meski membuat nilai tukar rupiah melemah tetapi risiko gagal bayar utang perusahaan swasta tersebut kecil.

"Untuk Desember sendiri roll over utang mereka USD7 miliar. Tetapi relatif aman karena swasta tersebut masih berafiliasi dengan perusahaan induknya yang lebih besar," ujarnya.

Dia menyebut juga utang pemerintah memiliki skema pembayaran utang berbeda yang relatif tidak berisiko bagi pelemahan rupiah. "Sedangkan kalau pemerintah memiliki skema pembayaran utang sendiri," pungkas Destry.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5143 seconds (0.1#10.140)