Ini kendala pemasangan RFID menurut DPR

Senin, 02 Desember 2013 - 17:33 WIB
Ini kendala pemasangan RFID menurut DPR
Ini kendala pemasangan RFID menurut DPR
A A A
Sindonews.com - Proses pemasangan Radio Frequency Identification (RFID) yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) di daerah Jabotabek saat ini sedang gencar dilakukan, namun beragam kendala masih terjadi di berbagai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dari mulai antrian yang panjang, jam operasi pemasangan yang tidak optimal hingga kericuhan.

Anggota Komisi VII DPR RI Rofi Munawar meminta PT INTI untuk menyiapkan personil yang lebih banyak serta terlatih, disisi lain Pertamina senantiasa aktif memberikan informasi yang jelas baik melalui media massa maupun sebaran SPBU yang lebih merata terkait proses pemasangan RFID tersebut.

“Kendala dan masalah di awal-awal program pemasangan RFID di kendaraan pribadi ini semoga dapat segera ditangani oleh Pertamina, jika dilihat kebanyakan masalah terjadi akibat manajemen dan sosialisasi yang belum maksimal,” kata Rofi dalam rilisnya di Jakarta, Senin (2/12/2013).

PT Pertamina merilis bahwa hingga saat ini masih minim pemasangan RFID di kendaraan masyarakat, hanya sekitar 55.000 kendaraan, padahal untuk Jakarta saja ditargetkan terpasang 4,5 juta kendaraan dan di seluruh Indonesia target keseluruhan mencapai 100 juta unit RFID yang harus dipasang di kendaraan umum maupun pribadi.

Rofi menambahkan, proses pemasangan RFID ini merupakan awal dari program pembatasan konsumsi BBM dengan sistem elektronik ini. Karenanya pemerintah beserta Pertamina harus melakukan sosialisasi yang efektif terkait alur proses tersebut. Hal itu berguna agar masyarakat turut berperan serta aktif dan tidak adanya isu-isu yang berdampak buruk.

Selain itu, menurutnya, Pertamina ada baiknya melakukan pemasangan RFID tidak hanya di SPBU saja, mungkin bisa di tempat strategis atau lokasi yang memungkinkan agar tidak terjadi konsentrasi kendaraan maupun kericuhan karena proses antrian.

“Perlu tata manajemen pemasangan RFID yang lebih efektif agar tidak terjadi kericuhan maupun antrian yang panjang,” saran Rofi.

Seperti diketahui PT INTI memenangkan tender pasangan RFID sebanyak 100 juta unit kendaraan dan 92.000 nozel SBPU diseluruh Indonesia. Kontrak keduanya akan berlangsung selama 5 tahun. Jika sistem ini sudah bisa diterapkan maka PT Pertamina akan membayar kepada INTI sebagai pengembalian investasi Rp18 per liter dari setiap BBM subsidi yang tersalurkan melalui sistem RFID ini.

Pertamina mengharapkan program ini selesai sesuai target yang ditentukan yakni Juli 2014. Artinya pada saat itu 100 juta kendaraan dan 92.000 nozel SPBU di seluruh Indonesia sudah terpasang RFID.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7405 seconds (0.1#10.140)