Stok solar di DIY hampir habis

Senin, 02 Desember 2013 - 20:18 WIB
Stok solar di DIY hampir habis
Stok solar di DIY hampir habis
A A A
Sindonews.com - Stok bahan bakar solar di DIY hampir habis. Pada akhir Oktober lalu, kuota yang terealisasi sudah 88 persen. Dipastikan saat ini, realisasi sudah semakin tinggi, sehingga dipastikan cadangan yang tersisa tinggal sedikit.

Informasi yang dihimpun, pada 2013 ini DIY mendapatkan kuota BBM premium sebanyak 521.347 kiloliter (KL) dan kuota solar sebanyak 118.325 KL. Dengan demikian, kuota solar di DIY sampai akhir Oktober lalu ada 14.199 KL. Sampai hari ini dipastikan jumlahnya berkurang lagi.

Kabid Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan ESDM DIY Edy Indrajaya mengatakan, data dari Pertamina yang diperoleh DPUP ESDM DIY sampai akhir oktober kuota premium yang sudah terealisasi sebesar 81 persen dan solar 88 persen.

"Namun untuk data terbaru pada Novermber, kami belum memperolehnya," katanya, Senin (2/12/2013).

Dia mengatakan, kebutuhan solar tampaknya perlu diperhitungkan lagi di tiap-tiap kabupaten/kota di DIY. “Kalau di DIY (kebutuhan) itu variatif. Ada yang lebih, ada yang pas. Kalau satu kabupaten ada yang kurang ditambahkan, kalau ada yang lebih dikurangi,” jelasnya.

Edy menyampaikan untuk sisa kuota di akhir November memang belum mendapatkan data detail. Kalau pun ada kekurangan kuota solar, jumlahnya tidak terlalu banyak.

"Kalau over gak banyak, tapi ya pasti ada jaminan. Pengalaman yang dulu–dulu, kalau kurang pasti ditambah. Ini kan sudah ada prediksi kalau kuota kurang. Mestinya dari Pertamina sudah melaporkan ke pemerintah pusat (soal kekurangan),” jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0445 seconds (0.1#10.140)