Wamenkeu: Janet Yellen tetap akan lakukan tapering off

Rabu, 04 Desember 2013 - 11:57 WIB
Wamenkeu: Janet Yellen tetap akan lakukan tapering off
Wamenkeu: Janet Yellen tetap akan lakukan tapering off
A A A
Sindonews.com - Kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) diprediksi tidak akan jauh berbeda dengan kepemimpinan gubernurnya yang baru, yaitu Janet Yellen yang akan menggantikan Ben Bernanke.

Wakil Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, kebijakan tapering off yang diwacanakan Bernanke pada Mei oleh The Fed tetap akan dilakukan oleh Yellen.

"Yellen ini boleh dibilang sama dengan Bernanke dengan mencabut lagi aliran dana likuiditas," ujar Bambang di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (4/12/2013).

Meski demikian, Bambang mengakui Yellen akan terlebih dahulu memperhatikan situasi yang terjadi di negaranya sebelum menarik aliran dana tersebut pelan-pelan.

"Mereka akan melihat dulu angka penganggurannya sudah 6,5 persen belum, kalau sekarang kan masih 7,2 persen," imbuh dia.

Bambang berharap negara-negara berkembang di G-20 tetap dapat berkoordinasi untuk menyuarakan pentingnya AS mempersiapkan kebijakan tapering off ini dengan tidak terburu-buru agar tidak berdampak pada negara lain.

"Kita enggak mungkin paksa AS, tapi minimal mereka buatlah kebijakan yang tidak berdampak praktis kepada seluruh negara," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6275 seconds (0.1#10.140)