Masalah pembebasan lahan hambat pembangunan infrastruktur

Kamis, 05 Desember 2013 - 16:35 WIB
Masalah pembebasan lahan...
Masalah pembebasan lahan hambat pembangunan infrastruktur
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan M Chatib Basri mengatakan, salah satu yang harus dilakukan untuk meningkatkan suplai yang harus dilakukan Pemerintah adalah menggalakkan pembangunan infrastruktur.

Namun dia mengakui kendala utama dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia seringkali terhalang oleh alot dan lamanya pembebasan lahan. Sehingga banyak proyek infrastruktur terbengkalai dan menghambat suplai.

"Untuk membangun jalan tol saja itu butuh usaha maksimal, atau kita bisa menyerah karena masalah pembebasan lahan ini," ujarnya di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (5/12/2013).

Dia mencontohkan, berbeda dengan proyek-proyek tol yang harus membebaskan tanah terlebih dahulu, ide pembangunan jalan tol di atas laut sama sekali tidak bermasalah.

"Salah satu contohnya adalah tol Bali Mandara yang pembangunannya hanya memakan waktu 1 tahun karena enggak ada isu pengadaan tanah," lanjutnya.

Walaupun memiliki proyek-proyek besar lainnya yang non-jalan tol, Chatib juga ragu pembangunan infrastruktur bandara juga tidak akan secepat yang telah direncanakan.

"Kita memang ada proyek bandara di Kalimantan dan Sulawesi, namun apabila procurement tanahnya susah maka tidak akan secepat yang dibayangkan pembangunannya nanti," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6874 seconds (0.1#10.140)