WIKA Beton siapkan Rp2,5 T bangun tujuh pabrik

Senin, 16 Desember 2013 - 18:52 WIB
WIKA Beton siapkan Rp2,5 T bangun tujuh pabrik
WIKA Beton siapkan Rp2,5 T bangun tujuh pabrik
A A A
Sindonews.com - PT Wijaya Karya Beton, anak perusahaan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) yang bergerak pada lini usaha pembangunan tiang pancang (precast), menyiapkan investasi sebesar Rp2,6 triliun untuk pembangunan tujuh pabrik hingga lima tahun ke depan.

Direktur Keuangan Wika Beton, Entus Asnawi menjelaskan, dana tersebut selain digunakan untuk pembangunan pabrik precast baru, juga digunakan perseroan sebagai dana mengakuisisi perusahaan sejenis.

Dari tujuh pabrik yang direncanakan untuk dibangun, empat diantaranya pabrik precast dan tiga pabrik quarry (pasokan bahan baku low material) seperti pasir dan batu.

"Kami menyiapkan dana sebesar Rp2,6 triliun untuk lima tahun, kami melihat ada potensi pasar yang besar. Didukung program MP3EI, infrastruktur adalah lokomotif perekenomian nasional," kata Entus saat jumpa pers di Jakarta, Senin (16/12/2013).

Sejumlah wilayah, yang dijajaki perseroan untuk dibangun pabrik diantaranya di Lampung, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pembangunan pabrik ini akan menambah kepemilikan pabrik yang dimiliki Wika Beton menjadi 17 buah. Hingga saat ini perseroan telah memiliki delapan buah pabrik beton yang dikelola sendiri dan satu pabrik yang juga dikerjakan secara bersama dengan PT Komponindo Beton Jaya (Kobe).

Dia menjelaskan, sumber pendanaan investasi tersebut sebagian besar atau 60 persen berasal dari rencana initial public offering (IPO) perseroan pada Maret 2014. Sedangkan sisanya berasal dari laba perusahaan yang tidak dikembalikan.

"Kami memang berencana melakukan IPO dengan target dana Rp1,4 triliun sampai Rp1,5 triliun, jika IPO tidak terlaksana pada kuartal I/2014 maka kami berencana melakukan pinjaman bank dari Mandiri, BRI dan sejumlah bank swasta, sedangkan belanja modal tahun depan Rp680 miliar," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1491 seconds (0.1#10.140)