Hatta tak sepakat prediksi ekonomi Bank Dunia

Selasa, 17 Desember 2013 - 13:00 WIB
Hatta tak sepakat prediksi...
Hatta tak sepakat prediksi ekonomi Bank Dunia
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa tidak sepakat dengan pernyataan World Bank atau Bank Dunia yang memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014 hanya 5,3 persen.

Dia mengaku tetap optimis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan akan mencapai range 5,6 persen sampai 5,8 persen dengan asumsi perekonomian dunia akan lebih baik.

"Kalau kita lihat ekonomi dunia relatif sedikit lebih baik dibanding 2013, mestinya kita tak lebih buruk dari pada 2013," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Selasa (17/12/2013).

Meski demikian, Hatta mengingatkan agar defisit neraca berjalan tetap dijaga dan diwaspadai karena menyangkut sentimen pasar terhadap perekonomian Indonesia.

"Ini sebabnya kita gulirkan paket kebijakan dalam rangka memperbaiki persepsi pasar terhadap rupiah kita," ujarnya.

Dia juga menjelaskan walupun tidak mematok pertumbuhan ekonomi relatif tinggi pada 2014, namun pertumbuhan tidak boleh dipatok terlalu rendah. "Karena kita butuh employment untuk mengurangi kemiskinan," pungkas Hatta.

Sebelumnya, Bank Dunia memprediksi pertumbuhan PDB ekonomi Indonesia pada 2014 hanya akan berada dalam kisaran angka 5,3 persen atau turun dari 5,6 persen pada 2013.

Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia, Ndiame Diop beralasan melambatnya pertumbuhan ekonomi ini diakibatkan menurunnya investasi di bidang manufaktur dan mesin yang hanya tumbuh 4,5 persen.

"Tetapi angka tersebut masih cukup solid dan Indonesia masih menjadi negara investasi yang sangat menarik," ujar Diop di Kantor BKPM, Jakarta, kemarin.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0787 seconds (0.1#10.140)