RI harus lebih tingkatkan daya saing

Selasa, 17 Desember 2013 - 16:57 WIB
RI harus lebih tingkatkan daya saing
RI harus lebih tingkatkan daya saing
A A A
Sindonews.com - Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta mengatakan, naiknya peringkat daya saing Indonesia ke-38 dari sebelumnya peringkat ke-50, menjadi tantangan untuk lebih maju.

Meskipun, kata dia, posisi tersebut belum mampu menandingi negara-negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand, namun Indonesia mampu mengunggili empat dari lima negara BRICS, yakni Brasil, Rusia, India, dan Afrika Selatan.

"Hal ini merupkan sinyal yang cukup baik, sekaligus sebagai sebuah tantangan untuk lebih memacu diri lagi," ucapnya di Auditorium BPPT, Jakarta, Selasa(17/12/2013).

Dia mengatakan, bangsa yang memiliki daya saing akan mampu mensejajarkan diri dengan bangsa-bangsa lain di dunia dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam bidang ekonomi dan teknologi.

Menurutnya, dua pilar penting dalam mendukung peningkatan daya saing ekonomi adalah daya saing inovasi dan kesiapan teknologi. Tingkat inovasi Indonesia dipandang cukup baik (posisi 33 dari 148 negara), namun kesiapan teknologi Indonesia masih tertinggal (posisi 75).

Menurutnya, ini mencerminkan bahwa banyak riset telah dilakukan lembaga litbang, namun kebanyakan hasilnya masih berujung pada laporan dan publikasi. Sementara teknologi yang dihasilkan belum siap untuk digunakan oleh penggunanya, diantaranya industri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3785 seconds (0.1#10.140)