Indonesia banyak celah untuk masuknya produk ilegal

Rabu, 18 Desember 2013 - 16:08 WIB
Indonesia banyak celah untuk masuknya produk ilegal
Indonesia banyak celah untuk masuknya produk ilegal
A A A
Sindonews.com - Kepala Balai Karantina Kementerian Pertanian Banun Harpini menyatakan, banyak celah yang rawan dijadikan peredaran barang-barang ilegal, khususnya bawang merah ilegal, terutama di Pulau Sumatera.

"Bawang merah ilegal ini memang kebanyakan datang dari Malaysia. Pintu masuknya bisa melalui Dumai, Batam, Belawan, Tanjung Balai Asahan, Pekanbaru, dan Palembang," ucapnya di Kemendag,Jakarta, Rabu (18/12/2013).

Bawang ilegal yang berasal dari Malaysia ini dinyatakan ilegal karena tidak dilengkapi dengan dokumen kesehatan serta surat asal usul barang, sehingga tidak terjamin apakah bahaya atau tidak.

"Sudah pasti produknya ilegal masuk dari pintu-pintu yang tidak ditetapkan. Padahal kalau itu dijamin kesehatannya harus disertai surat kesehatan. Kalau itu ilegal jadi tidak ada," ungkapnya.

Namun, pihaknya belum mengetahui secara tepat jumlah bawang merah ilegal yang telah disita. Tetapi dari 300 kontainer isi produk hortikultura yang dimusnahkan di 2013, sebagian besar berisi bawang merah.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6312 seconds (0.1#10.140)