Apindo khawatir kasus Bank Century terulang

Kamis, 19 Desember 2013 - 19:22 WIB
Apindo khawatir kasus Bank Century terulang
Apindo khawatir kasus Bank Century terulang
A A A
Sindonews.com - Asosiasi Pemgusaha Indonesia (Apindo) mengkhawatirkan bank-bank kecil akan ambruk karena suku bunga Bank Indonesia (BI Rate) terus naik.

Pasalnya, keuntungan bank-bank dari selisih bunga kredit akan semakin kecil dan dikhawatirkan akan muncul bank-bank seperti bank Century yang ambruk karena kondisi perekonomian memburuk.

"Bunga bank itu sekarang berkisar dari 10-15 persen. Tapi dia kan harus untung juga, sekarang ada spread hanya 4 sampai 5 persen. Sedangkan buat kita (pengusaha) bayar bunga segitu sudah tinggi. Ini yang saya takutkan bank kecil akan ambruk," terang Ketua Umum Apindo Sofjan Wanandi di Gedung Permata Kuningan, Jakarta, Kamis (19/20/2013).

Sofjan menambahkan, hal ini diperparah kenyataan bahwa angka inflasi 2013 sebesar 8,5 persen masih berada di atas BI Rate sebesar 7,5 persen dan akan menambah faktor risiko kredit.

"Susah pengusaha karena pengetatan moneter telah terasa ke bisnis. Bagaimana caranya kita menambah kapasitas produksi," keluhnya.

Oleh sebab itu, untuk mencegah bank-bank kecil ambruk, maka Sofjan meminta DPR segera menggodok kembali RUU Jaring Pengaman Sistem Keuangan (JPSK). "Karena kita enggak tahu bank kecil tiba-tiba ambruk," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4921 seconds (0.1#10.140)