Thailand kejar penjualan mobil tahun ini 2,48 juta unit

Jum'at, 20 Desember 2013 - 18:18 WIB
Thailand kejar penjualan mobil tahun ini 2,48 juta unit
Thailand kejar penjualan mobil tahun ini 2,48 juta unit
A A A
Sindonews.com – Pasar otomotif Thailand berada dalam kondisi lambat. Hal ini didasarkan pada penjualan mobil dari Januari hingga November, yang hanya mencapai 2.298.000 unit. Perolehan tersebut hanya naik sebesar 2,95 persen dibandingkan perolehan penjualan pada periode yang sama di tahun sebelumnya.

Ketua Federasi Industri Thailand Suparat Sirisuwannangkura mendesak agar industri automotif di Thailand mampu menutup tahun, dengan raihan penjualan sebanyak 2.481.000 unit. Angka tersebut hanya tumbuh sebesar 1,14 persen jika dibandingkan catatan penjualan tahun lalu.

“Beberapa pabrikan mobil telah berusaha untuk meningkatkan produksi mereka untuk melayani pasar ekspor yang sangat membaik karena kondisi ekonomi global mulai pulih. Kami perkirakan pada tahun depan Thailand akan bisa mengekspor kendaraan sebesar 1,25 juta unit,” terangnya.

Angka ekspor Thailand memang terus meningkat. Tahun ini saja mereka sudah mengirimkan mobil sebanyak 1,1 juta unit keluar Thailand. Angka tersebut lebih besar dibandingkan dengan pengiriman tahun lalu yang mencapai 1,02 juta unit.

Nilai ekspor meningkat sebesar 4,97 persen menjadi 471,72 miliar baht. Dari seluruh pabrikan mobil yang buka di Thailand, Toyota merupakan penyumbang angka ekspor paling besar, yakni 40 persen.

Membesarnya angka ekspor per tahun membuat Suparat optimistis Thailand mampu meningkatkan penjualan 2014. Kondisi penjualan domestik yang stabil diharapkan tahun depan Thailand mampu menjual mobil sebanyak 2,55 juta unit.

Indonesia sendiri merupakan salah satu pasar yang dipenetrasi produk-produk Thailand. Salah satu mobil terbaru, yakni All New Nissan March merupakan salah satu mobil Thailand yang diekspor ke Indonesia. Beberapa mobil lainnya, seperti Chevrolet Trailblazer, Chevrolet Colorado, hingga Mitsubishi Mirage.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9354 seconds (0.1#10.140)