PHE WMO pindahkan pipa warisan Kodeco Energy

Selasa, 24 Desember 2013 - 11:52 WIB
PHE WMO pindahkan pipa warisan Kodeco Energy
PHE WMO pindahkan pipa warisan Kodeco Energy
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina Hulu Energi-West Madura Offshore (PHE WMO) akan melakukan efisiensi untuk suplai gas di Jawa Timur (Jatim). Yakni dengan cara memindahkan pipa gas warisan Kodeco Energy yang masuk dalam alur pelayaran barat Surabaya (APBS).

General Manajer PHE-WMO, Bambang H Kardono mengatakan, pemindahan itu akan dilakukan tahun depan. Hal itu mengingat persoalan administrasi dalam tander pemindahan itu. Saat ini, sedang terjadi tender ulang (re-tender) sesuai dengan Peraturan SKK Migas dan berlaku bagi perusahaan kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) di sektor migas.

"Kami berharap proses tender berjalan dengan lancar dan sesuai rencana awal. Pada tender awal terjadi masalah administrasi. Sehingga pekerjaan tersebut harus ditender ulang dan kami perkirakan pekerjaan pemindahan pipa dapat dilakukan tahun depan," kata Bambang di Surabaya, Selasa (24/12/2013).

Bambang juga minta maaf atas mundurnya pelaksanaan pemindahan pipa eks Kodeco Energy itu. Namun, dia berjanji bahwa re-tender akan selesai sesuai jadwal yang ada. Bambang menegaskan, proses tender ini bisa segera diselesaikan, sehingga pemindahan pipa dapat segera dilakukan.

Dia mengatakan, pentingnya pekerjaan pemindahan pipa ini bagi industri sehingga dapat berjalan lebih efisien dan lancar. Karena itu, pemindaha pipa tetap dilakukan.

"PHE WMO tetap memegang komitmennya untuk melakukan pemindahan pipa meskipun hasil studi Tim ITS menyatakan keberadaan pipa gas eks Kodeco Energy sebenarnya aman bagi alur pelayaran," katanya.

Alasan lain adalah komitmen PHO WMO untuk meningkatkan daya saing ekonomi Jatim. Pasalnya, 100 persn gas dari PHE WMO dedikasikan untuk Jatim, baik untuk energi listrik melalui Pembangkit Jawa Bali (PJB) dan sektor industri di sekitar Gresik.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8099 seconds (0.1#10.140)