WEHA dapat predikat stabil dari Pefindo

Jum'at, 10 Januari 2014 - 13:21 WIB
WEHA dapat predikat...
WEHA dapat predikat stabil dari Pefindo
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan predikat "stabil" pada PT Panaroma Transportasi Tbk (WEHA) yang artinya perusahaan masih membuka peluang berkembang terutama dari segmen transportasi taksi dan jasa sewa mobil.

Analis Pefindo, Yogi Perdana mengatakan, status perusahaan bahkan dapat ditingkatkan jika mampu meningkatkan posisi bisnisnya secara signifikan.

"Kan kita tahu Panaroma termasuk perusahaan transportasi yang besar, sudah masuk ke dalam bisnis taksi. Ini akan terus berkembang bila dapat bersaing dengan dua perusahaan taksi besar di Indonesia seperti Blue Bird dan Express," terang Yogi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (10/1/2013).

Yogi menambahkan, peluang berkembangnya perusahaan juga dapat dilihat dari dukungan profitabilitas dan leverage keuangan perusahaan yang semakin baik dan berkelanjutan.

Namun, lanjut Yogi, positifnya penilaian tersebut bukan lah hal yang mutlak. Menurutnya, penilaian terhadap perusahaan masih dapat menurun jika kinerja dari rencana ekspansi perusahaan di segmen taksi dan sewa mobil tidak seperti yang diharapkan atau jika terdapat tambahan utang yang lebih besar dari yang diproyeksikan.

Yogi menambahkan, ada tiga faktor pendukung pemeringkat perusahaan antara lain, profil armada perusahaan yang baik, margin keuntungan yang stabil dan penerimaan berkesinambungan dari induk perusahaan.

Selain itu, ada tiga faktor yang membatasi pemeringkat seperti, leverage keuangan perusahaan yang agresif, perlindungan arus kas yang moderat, risiko terkait tidak terutilisasinya armada perusahaan.

"Maka dari itu kami berikan peringkat BBB untuk perusahaan dan obligasi I tahun 2012, dan prospek perusahaan stabil," tutupnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5623 seconds (0.1#10.140)