Pefindo akan beri peringkat dua MI

Jum'at, 10 Januari 2014 - 13:37 WIB
Pefindo akan beri peringkat dua MI
Pefindo akan beri peringkat dua MI
A A A
Sindonews.com - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah menjadwalkan pemeringkatan terhadap dua Manajer Investasi (MI) pada tahun ini.

"Kami targetkan dua MI yang diperingkat, termasuk produk-produknya," ujar Vice President Financial Institution Rating Pefindo Hendro Utomo di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Jumat (10/1/2013).

Hendro menjelaskan, dalam pemeringkatan ini akan dilakukan penilaian meliputi sejumlah aspek, seperti risiko gagal bayar pada produk-produk yang dikeluarkan MI bersangkutan.

"Peringkat akan diberikan kepada reksa dana yang memikiki underlying asset di fix income seperti obligasi. Kita lihat apakah reksa dana tersebut memiliki kemungkinan default (gagal bayar)," papar dia.

Hendro menambahkan, pemeringkatan terhadap MI merupakan kali pertama yang dilakukan Pefindo lantaran selama ini belum ada keharusan bagi lembaga sejenis MI untuk diperingkat.

"Otoritas belum mewajibkan lembaga ini untuk diperingkat," kata dia.

Guna melancarkan rencana tersebut, Pefindo akan melakukan sosialisasi kepada MI agar mau diperingkat. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi investor yang ingin berinvestasi di produk reksa dana.

"Dengan begitu, investor tidak hanya mempertimbangkan reksa dana dari return yang diberikan, tetapi juga dari peringkatnya," ujar Hendro.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6142 seconds (0.1#10.140)