Akuisisi PGN-Pertamina genjot konversi BBM ke BBG

Selasa, 14 Januari 2014 - 12:07 WIB
Akuisisi PGN-Pertamina genjot konversi BBM ke BBG
Akuisisi PGN-Pertamina genjot konversi BBM ke BBG
A A A
Sindonews.com - Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) menegaskan, bahwa rencana akuisisi PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) oleh PT Pertamina (persero) dinilai akan memepercepat program konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Direktur Puskepi, Sofyano Zakaria menegaskan bahwa jika akuisisi PGN direalisasikan, maka program konversi BBM ke BBG akan lebih mudah dikembangkan oleh perseroan. Karena Pertamina memiliki outlet berupa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Pemerintah harus mampu menyatukan Pertamina dan PGN, sehingga bisnis gas bagi pemenuhan kepentingan dalam negeri bisa diandalkan pada kedua BUMN ini," kata dia dalam rilisnya, Selasa (14/1/2014).

Menurutnya, bisnis PGN di sektor hilir gas akan lebih berkembang pesat ketika akuisisi terwujud lantara Pertamina menguasai sektor hulu gas. Dia menyebut ada kekhawatiran masyarakat apabila perusahaan seperti PGN yang core bisnisnya menyangkut hajat hidup orang banyak, suatu saat akan jatuh ke tangan pemodal asing.

Karena itu, kata dia, keinginan kuat Pertamina mengakuisisi PGN mampu menghilangkan kekhawatiran masyarakat terhadap hal itu.

"Modal pihak asing merupakan 'ancaman' terhadap kedaulatan BUMN PGN, karenanya akuisisi Pertamina terhadap PGN mampu menjawab kekhawatiran publik terhadap hal tersebut," kata Sofyano.

Dia mengatakan, akuisisi PGN oleh Pertamina akan memberi dampak positif dan nilai lebih bagi PGN ketimbang jika saham PGN dominan dikuasai asing. "Sinergi antar BUMN ini akan jauh lebih baik ketika PGN diakuisisi Pertamina," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6460 seconds (0.1#10.140)