Gita Wirjawan resmikan Pasar Amlapura Timur

Selasa, 14 Januari 2014 - 17:57 WIB
Gita Wirjawan resmikan Pasar Amlapura Timur
Gita Wirjawan resmikan Pasar Amlapura Timur
A A A
Sindonews.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan hari ini meresmikan Pasar Amlapura Timur yang berlokasi di Kabupaten Karangasem, Bali. Revitalisasi Pasar Amlapura Timur ini dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2012 dan 2013 Kementerian Perdagangan sebesar Rp2 miliar.

"Kemendag memiliki komitmen yang tinggi terhadap program revitalisasi pasar tradisional untuk mengubah kesan pasar yang becek, bau, dan gersang menjadi nyaman, bersih, tertib, dan jujur. Hal ini dilakukan oleh Kemendag untuk meningkatkan citra pasar tradisional sehingga mampu tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan pasar dan toko modern," ujar Gita dalam siaran persnya, Selasa (14/1/2014).

Menurut Gita, program pembangunan/revitalisasi pasar yang dilaksanakan oleh Kemendag melalui DAK dan Tugas Pembantuan merupakan upaya mendorong percepatan pembangunan di daerah. Kemendag juga berupaya memperkuat sektor perdagangan dalam negeri agar lebih efisien guna meningkatkan daya saing pasar domestik.

"Hal ini sangat penting dalam menghadapi tantangan dan kompetensi global yang semakin ketat dan efisiensi perdagangan dapat tercapai apabila didukung oleh iklim usaha yang kondusif," imbuh Gita.

Gita menggarisbawahi bahwa Kemendag memiliki komitmen agar program revitalisasi pasar dapat berjalan dengan baik, sehingga pasar dapat menjadi kebanggaan bagi rakyat sekitarnya.

“Kami akan terus memantau perkembangannya. Namun tentu saja keberhasilan konsep dan pelaksanaan program Pasar Percontohan ini tergantung dari kerja sama yang sinergis dari seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah pusat dan pemerintah daerah, maupun para pengelola pasar, pedagang, dan konsumen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gita berpesan agar pasar yang telah diperbaiki dapat selalu dijaga dan dipelihara dengan baik oleh para pengguna pasar, terutama pedagang dan konsumen. “Jika dirawat dengan baik, kami yakin pasar akan memberikan manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat sekitar,” tegasnya.

Sekadar informasi, Pasar Amlapura Timur merupakan salah satu pasar terbesar yang dimiliki oleh Kabupaten Karangasem. Luas area Pasar Amlapura Timur mencapai sekitar 5.000 m2 dan merupakan milik Pemda Karangasem. Pasar Amlapura Timur dibangun dari dana pinjaman Pusat Investasi Pemerintah (PIP) senilai Rp49,87 miliar.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6951 seconds (0.1#10.140)