Cuaca buruk, harga ikan di Solo melambung

Rabu, 15 Januari 2014 - 10:28 WIB
Cuaca buruk, harga ikan di Solo melambung
Cuaca buruk, harga ikan di Solo melambung
A A A
Sindonews.com - Kondisi cuaca buruk yang terjadi beberapa waktu terakhir ini, membuat harga komoditas laut di pasaran mengalami kenaikan. Minimnya perolehan ikan tangkap nelayan menjadi faktor utama pemicu kenaikan harga bahan baku sea food tersebut.

Hal ini seperti terjadi di Pasar Gedhe Hardjonagoro, Solo, harga komoditas laut mengalami kenaikan bervariasi, tergantung jenis dagangannya, misalnya ikan tengiri naik Rp5.000 per kg menjadi Rp45 ribu per kg dari sebelumnya Rp40 ribu per kg.

Untuk harga cumi mengalami kenaikan Rp3.000 per kg, dari Rp40 per kg menjadi Rp43 ribu per kg. "Harga dagangan hasil laut lainnya juga mengalami kenaikan hingga 15 persen dari harga sebelumnya," kata Budi, salah satu pedagang di daerah tersebut, Rabu (15/1/2014).

Sementara, distribusi dari laut utara pulau Jawa juga tersendat karena pengaruh cuaca buruk. Menurut Budi, kondisi ini membawa dampak negatif bagi para pedagang, karena pembeli banyak yang memilih untuk mengurangi jumlah pembeliannya.

Tingginya harga ikan laut ini membuat pedagang merugi, karena harga tidak terjangkau. Jika tidak laku, maka ikan ini akan membusuk dan tidak laku untuk dijual.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5971 seconds (0.1#10.140)