Jumlah pekerja bisa tumbuhkan ekonomi RI di atas 10%

Rabu, 15 Januari 2014 - 11:34 WIB
Jumlah pekerja bisa tumbuhkan ekonomi RI di atas 10%
Jumlah pekerja bisa tumbuhkan ekonomi RI di atas 10%
A A A
Sindonews.com - Indonesia diminta menciptakan tiga juta lapangan kerja formal untuk dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi hingga double digit dalam tahun-tahun ke depan.

"Dari pandangan saya, perekonomian kita perlu tumbuh sebesar double digit dengan membuat tiga juta lapangan pekerjaan baru yang formal," ujar pemilik Rajawali Group Peter Sondakh dalam acara diskusi di Hotel Shangri-la, Jakarta, Rabu (15/1/2014).

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan baru tersebut, lanjut Peter adalah dengan menggalakkan pembangunan infastruktur yang dapat menyerap lapangan kerja. Hal ini merupakan langkah untuk mengakselerasi target pertumbuhan double digit.

"Karena salah satu hal yang membuat harga barang-barang impor menjadi lebih murah adalah infrastruktur yang lebih memadai ketimbang mengandalkan produksi dalam negeri yang harus melalui infrastruktur yang tidak terlalu baik kondisinya," terangnya.

Selain itu, dia juga meminta agar pemerintah konsisten dengan perencanaan yang telah dibuat. Tujuannya agar pertumbuhan tersebiut dapat dikejar serta memberikan contoh kecil.

"Seperti UU Minerba, itu sebenarnya sudah dibuat pada 2009 tapi mengapa baru efektif kemarin, ini tandanya dalam implementasi perencanaan pemerintah harus lebih baik lagi," pungkas Peter.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)