Pemerintah minta Bulog serap tiga komoditas

Jum'at, 17 Januari 2014 - 21:18 WIB
Pemerintah minta Bulog serap tiga komoditas
Pemerintah minta Bulog serap tiga komoditas
A A A
Sindonews.com - Perum Bulog menyatakan pada 2014 ini telah dimintai pemerintah untuk berperan lebih terhadap tiga komoditas pangan yang sangat sensitif terhadap perolehan harga seperti daging sapi, gula, dan juga kedelai. Amanah pemerintah itu juga ditujukan kepada Bulog untuk tetap menstabilkan harga.

Direktur Utama Perum Bulog Sutarto Alimoeso mengatakan, tidak stabilnya harga secara konsep ekonomi dasar lantaran tidak sinkronnya atau ada gangguan antara supply dan demand.

"Selain beras, di 2014 kita diminta berperan di daging sapi, kedelai, dan gula, untuk menjaga itu," kata Ali di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (17/1/2014).

Ali menjelaskan, kedua indikator supply dan demand merupakan indikator yang dapat mempengaruhi harga di pasar. Namun, jikalau produksi mengalami pengurangan itu harus segera diisi. "Pemerintah punya stock pemerintah punya cadangan operasi pasar kurang berarti penyediaan," tambahnya.

Selain itu, lanjut Ali, dirinya juga akan melakukan penyerapan ketiga komoditas itu dari para petani lokal. Hal ini bertujuan untuk cadangan pemerintah tetap terjaga. "So, kita misal jangka pendek Bulog ke depan daging bangun jaringan produksi sapi atau daging. Supaya kontrol harga harus punya tertentu," jelasnya.

Namun, sambung Ali, dirinya tidak menutup kemungkinan untuk melakukan impor guna memenuhi cadangan ketiga komoditas tersebut. Namun, dana yang dipergunakan tidak dari dana pemerintah melainkan dana internal Bulog.

"Komitmen itu dengan bank. Kita semua kredit bukan di kasih pemerintah. Sekarang punya 2 juta ton beras itu kredit, setiap bulan kita keluarin bulan 250 ribu. Sekarang kita sudah mulai beli di beberapa daerah, NTB sudah dibeli," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0610 seconds (0.1#10.140)