Tata Power akan bangun pembangkit listrik di Kaltim

Selasa, 21 Januari 2014 - 18:15 WIB
Tata Power akan bangun pembangkit listrik di Kaltim
Tata Power akan bangun pembangkit listrik di Kaltim
A A A
Sindonews.com - Kedatangan Duta Besar India untuk Indonesia Gurjit Singh ke Kalimantan Timur (Kaltim) menghasilkan beragam kesepakatan. Salah satunya rencana pembangunan pembangkit listrik dengan sumber energi batu bara.

Rencananya, Tata power, perusahaan asal India akan membangun pembangkit listrik tersebut. Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim, Diddy Rusdiansyah mengatakan, ada tiga pembangkit listrik yang dicoba investor asal India.

Gurjit mengatakan, pembangkit listrik ini akan menguntungkan semua pihak, terutama masyarakat Kaltim. "Jadi batu bara dari Kaltim akan digunakan kembali untuk masyarakat Kaltim," ujar Gurjit.

Selain pembangkit listrik tenaga batu bara, ada juga pembangkit listrik tenaga air dan pembangkit listrik tenaga panas bumi. "Ini peluang untuk investasi di Kaltim. Apalagi energi listrik masih sangat dibutuhkan di Kaltim. Investasi ini sangat menguntungkan untuk kita," kata Diddy, Selasa (21/1/2014).

Menurutnya, ada banyak peluang investasi yang ditawarkan ke investor asal India. Tidak hanya pembangkit listrik, sejumlah pembangunan infrastruktur juga diminati investor dari India.

"Dari 28 pengusaha India yang dibawa Dubes India, salah satunya adalah produsen kereta api terbesar di India. Ini juga peluang untuk kita," ujarnya.

Namun, investasi kereta api sudah terlebih dulu dilakukan oleh investor asal Rusia. Sudah ada dua koridor yang direncanakan untuk dibangun. Satu koridor sudah dalam tahap proses periziinan yakni Kutai Barat ke Balikpapan.

Sementara, satu koridor lagi yang bisa menjadi peluang dimasuki investor asal India yakni koridor Lubuk Tutung ke Muara wahau di Kutai timur.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4796 seconds (0.1#10.140)