Mentan pertimbangkan ganti rugi lahan petani

Rabu, 22 Januari 2014 - 18:14 WIB
Mentan pertimbangkan ganti rugi lahan petani
Mentan pertimbangkan ganti rugi lahan petani
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono mengungkapkan, bahwa kementeriannya sedang menginventarisir lahan-lahan pertanian yang mengalami gagal panen (puso), akibat bencana banjir dan gunung meletus.

Pihaknya juga mewacanakan bahwa Kementan yang akan mengganti kerugian petani apabila lahan-lahan pertanian produktif tersebut menjadi puso akibat bencana alam.

"Tetapi ada yang masih bisa tumbuh baik ya, artinya ada yang tidak perlu diganti. Meskipun juga ada yang petani tanam, kena banjir ya memang harus ditanam kembali," ujar Suswono di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Untuk anggaran dan besaran ganti ruginya, Suswono juga akan membicarakannya dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa. "Nanti dibicarakan dengan Pak Menko," ucapnya.

Suswono mengatakan, untuk luasan lahan pertanian puso yang terjadi akibat berbagai macam bencana alam seperti banjir dan gunung meletus masih tergolong kecil, yaitu 100 ribu hektare dari total 14 juta hektare lahan.

"Kecil sekali, hanya 0,6 persen atau 100 ribu. Artinya ini masih sesuai dengan luasan lahan pertaniannya sendiri," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4696 seconds (0.1#10.140)