Suswono tuding pengusaha gemar naikkan harga saat bencana

Rabu, 22 Januari 2014 - 18:22 WIB
Suswono tuding pengusaha gemar naikkan harga saat bencana
Suswono tuding pengusaha gemar naikkan harga saat bencana
A A A
Sindonews.com - Menteri Pertanian (Mentan), Suswono menuding pelaku usaha memanfaatkan kondisi bencana alam untuk menaikkan harga komoditas pangan dengan dalih transportasi terputus, sehingga meningkatkan harga logistik seenaknya.

"Adanya banjir dan sebagainya otomatis kan transportasi terganggu. Nah ini yang kadang-kadang dimanfaatkan para pelaku usaha untuk menaikkan harga," ujar Suswono di Gedung BPK, Jakarta, Rabu (22/1/2014).

Untuk mencegah melambungnya harga-harga komoditas tersebut, maka pihaknya dari jauh-jauh hari telah mengantisipasi kelangkaan pasok yang akan terjadi dengan menambah pasok (distribusi) bahan pangan.

"Yang jelas kalau dari sisi persediaan, laporan terakhir mencukupi. Yang penting tinggal arus distribusi antar wilayah ini yang perlu dapat dukungan dengan baik," imbuhnya.

Dia mengungkapkan bahwa pasokan pangan bagi warga yang mengungsi dari meletusnya gunung Sinabung masih tergolong aman. Karena Pemda telah mampu memasok dan mendistribusikan pangan dari jauh-jauh hari.

"Walaupun begitu saya besok akan ke Sinabung. Diharapkan nanti bisa ada dialog dengan masyarakat, agar nanti ada solusi jangka lebih panjang," pungkas Suswono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7476 seconds (0.1#10.140)