Pemerintah diminta bangun rel KA di selatan Jawa

Senin, 27 Januari 2014 - 15:24 WIB
Pemerintah diminta bangun rel KA di selatan Jawa
Pemerintah diminta bangun rel KA di selatan Jawa
A A A
Sindonews.com - Untuk mengatasi kemacetan yang menambah biaya logistik, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) mengusulkan agar pemerintah membangun jalur kereta api baru di pulau Jawa bagian selatan yang menghubungkan kota-kota pesisir selatan pulau Jawa.

Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto mengatakan, untuk membangun jalur kereta api selatan Jawa, maka pemerintah harus merogoh Rp150 triliun selama beberapa tahun dari APBN dan APBD.

"Ini juga dapat membangun kota-kota baru di wilayah pesisir selatan Pulau Jawa," ujar Suryo di Gedung Menara Kadin, Jakarta, Senin (27/1/2014).

Selain itu, ia juga meminta agar pemerintah membagun jalan kereta api cepat yang melintasi pulau Jawa, Sumatera dan pulau lainnya yang memiliki kecepatan 200 km per jam.

"Jalan kereta api cepat ini sama sekali baru di luar (jalan) yang telah berjalan saat ini dan teknologinya dikuasai negara maju," lanjut Suryo.

Hal ini harus dilakukan pemerintah, karena banyak akses keluar masuk sentra-sentra produksi yang terhalang apabila menggunakan truk dan sudah mulai tidak efisien. "Jadi dengan rel kereta maka beban jalan raya akan dipindahkan," tandas Suryo.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)