Kalla Group siap investasi smelter Rp500 M

Rabu, 05 Februari 2014 - 20:59 WIB
Kalla Group siap investasi smelter Rp500 M
Kalla Group siap investasi smelter Rp500 M
A A A
Sindonews.com - Untuk membantu pemerintah dalam mengimplementasikan UU No 4/2009 tentang Mineral dan Batubara (Minerba), Kalla Group akan membangun smelter di sejumlah daerah.

Corporate Communications Kalla Group, Andi Asmir mengatakan, langkah ini sebagai respon positif atas regulasi yang dikeluarkan pemerintah. Karena itu, pihaknya telah membidik sejumlah daerah potensial untuk pembangunan unit pengolahan dan pemurnian nikel ini.

Ada lima daerah yang akan dijadikan lokasi pembangunan smelter. Sebagai tahap awal, pihaknya akan memulai pembangunan di Palopo dengan investasi sekitar Rp500 miliar melalui anak usahanya, PT Bukaka Mandiri Sejahtera.

"Empat daerah lain belum bisa kami sebutkan. Yang jelas yang sudah siap ini di Palopo. Kami membantu pemerintah dalam implementasi UU Minerba. Makanya kami mencoba untuk membangun lebih awal dibanding pihak swasta," katanya, Rabu (5/2/2014).

Dia memaparkan, pembangunan segera dimulai setelah proses analisis dampak lingkungan (amdal) dan desain selesai. Untuk amdal ditargetkan rampung bulan ini. Sementara untuk desainnya juga telah memasuki tahap finalisasi.

Rencananya, smelter ini dibangun di atas lahan 100 hektare dan diharapkan akan memproduksi ferro nickle sebesar 14 ribu ton per tahun.

"Jika semuanya sudah rampung, maka pembangunan smelter sudah mulai dilakukan. Tapi tidak lewat dari semester I tahun ini. Sementara lama proyeknya itu bervariasi, ada yang dua tahun," jelasnya.

Asmir menjelaskan, investasi yang dikeluarkan Kalla Group untuk pembangunan smelter di Palopo tidak begitu besar. Sebab telah ditopang oleh Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Kalla Group di Poso.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5303 seconds (0.1#10.140)