Konversi ke BBG, PGN minta ini ke pemerintah

Kamis, 06 Februari 2014 - 16:24 WIB
Konversi ke BBG, PGN minta ini ke pemerintah
Konversi ke BBG, PGN minta ini ke pemerintah
A A A
Sindonews.com - PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sangat mengharapakan bantuan dari pemerintah untuk menengahi komunikasi dengan pabrikan perakitan kendaraan bermotor agar memasangkan tangki gas pada setiap kendaraan baru yang diproduksi.

Hal tersebut, dimaksudkan untuk meningkatkan jumlah konsumen gas sebagai salah satu upaya konversi bahan bakar dari minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG).

"Kita perlu dukungan untuk meningkat pola konsumsi beralih ke gas. Contoh kasus, kami bangun di Pondok Ungu (Bekasi) tapi masih sepi. Pasarnya belum ada karena kendaraan yang pakai gas masih terbatas," kata Vice President Corporate Communication PGN Ridha Ababil di Kantor Pusat PGN, Jakarta, Kamis (6/2/2014).

Menurut dia, selain melakukan edukasi kepada masyarakat, kerja sama dengan pabrikan kendaraan bermotor memiliki andil penting mengingat di sanalah kendaraan-kendaraan dirakit. Dengan kata lain, penggunaan gas atau minyak akan sangat bergantung dengan standar tangki bahan bakar yang terpasang di kendaraan baru.

"Sekarang kan dari pabriknya masih pakai tanki minyak, kira-kira ini sudah sesuai dengan standar pabrikan, terutama kendaraan baru mulai memasang tanki gas selain tanki minyak. Karena kalau tidak begitu, sekarang sulit mengonversi 100 persen," papar dia.

Namun demikian, dia mengatakan, akan sulit bagi PGN memaksa pabrikan perakitan kendaraan untuk memasang tanki gas pada setiap produk kendaraan baru, sehingga diperlukan peran pemerintah sebagai fasilitator bagi dua belah pihak.

"Bagaimana kita menyinkronkan mereka membuat mesin gas, kita menyediakan SPBG-nya. Memang harus dikomunikasikan kapan ada konversi gas, kapan kita bangun SPBG-nya. Dengan harapan, ketika SPBG berdiri, masyarakat sudah bisa mulai konversi ke gas karena kendaraannya sudah pakai tangki gas," pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5246 seconds (0.1#10.140)